SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Sesuai Dengan Standar Proses)
Nama
Sekolah :
Nama
Guru :
Pangkat
Golongan :
Mata
Pelajaran : Jumlah
Jam Tatap Muka :
Sertifikasi :
No.
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan
|
||||
(Tatap Muka)
|
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
4=baik
sekali
|
||||||
a.
Menyiapkan peserta didik
|
||||||||
b.
Melakukan Apersepsi
|
3=baik
|
|||||||
c.
Menjelaskan KD dan tujuan yang
ingin dicapai
|
||||||||
d.
Menyampaikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
|
2=cukup
|
|||||||
e.
Penampilan guru
|
1=kurang
|
|||||||
2.
|
Kegiatan
inti Pembelajaran
|
|||||||
A.
EKSPLORASI
|
||||||||
1.
Melibatkan siswa dalam mencari
informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru.
|
||||||||
2.
Menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya.
|
||||||||
3.
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antar siswa serta antar siswa dengan guru, lingkungan dan sumber
belajar lainnya.
|
||||||||
4.
Melibatkan siswa secara aktif
dalam berbagai kegiatan pembelajaran
|
||||||||
5.
Memfasilitasi siswa melakukan
percobaan di laboratorium, studio atau lapangan
|
||||||||
B.
ELABORASI
|
||||||||
1.
Membiasakan siswa membaca dan
munulis yang beragam melalui tugas tertentu yang bermakna.
|
||||||||
2.
Memfasilitasi siswa melalui
pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis.
|
||||||||
3.
Memberi kesempatan untuk
berfikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa
takut.
|
||||||||
4.
Memfasilitasi siswa dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
|
||||||||
5.
Memfasilitasi siswa
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
|
||||||||
6.
Memfasilitasi siswa membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara
individual atau kelompok.
|
||||||||
7.
Memfasilitasi siswa untuk
menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
|
||||||||
8.
Memfasilitasi siswa melakukan
pameran, turnamen, festival serta produk yang dihasilkan.
|
||||||||
9.
Memfasilitasi siswa melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
|
||||||||
C.
KONFIRMASI
|
||||||||
1.
Memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap
keberhasilan siswa.
|
||||||||
2.
Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
|
||||||||
3.
Memfasilitasi siswa melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
|
||||||||
4.
Berfungsi sebagai nara sumber
dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan.
|
||||||||
5.
Membantu menyelesaikan masalah
siswa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
|
||||||||
6.
Memberikan motivasi kepada
siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh.
|
||||||||
3.
|
Penutup
|
|||||||
a.
Membuat rangkuman/kesimpulan
|
||||||||
b.
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
|
||||||||
c.
Memberikan umpan balik terhadap
proses hasil pembelajaran.
|
||||||||
d.
Memberi tugas terstruktur dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
||||||||
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
||||||||
JUMLAH
SKOR
|
Keterangan
: Nilai Akhir = Skor Perolehan X 100%
Skor
maksimal
Ketercapaian
: 86%
- 100 % = Baik Sekali
70%
- 85% = Baik
55%
- 69% = cukup
Di
bawah 55% = kurang
Nilai
akhir :

TINDAK
LANJUT :
|
_________,____________20...
Supervisor :
Kepala Sekolah
________
_______________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar